Tuesday, May 31, 2016


Pengguna Mac pastinya sangat membanggakan komputer besutan Apple tersebut. Di sisi lain, pecinta Windows PC pasti juga selalu mengumbar keunggulan komputer yang menjalankan OS buatan Microsofr itu di atas Apple Mac. Lalu sebenarnya komputer mana yang lebih tangguh?

Memang sulit menjawab pertanyaan tersebut tanpa berpihak pada salah satunya. Yang jelas, pada mulanya PC lebih kaya aplikasi karena umumnya developer terlebih dulu mengembangkan aplikasi terbaiknya untuk versi Windows. Namun hal itu sedikit demi sedikit berubah selama beberapa tahun terakhir. Saat ini tidak sulit mencari aplikasi Mac yang sebelumnya populer di Windows. Meski demikian, tetap ada perbedaan antara keduanya. Apa saja?

1. Apple unggul di desain
Bukan lagi rahasia bahwa Apple bukanlah perusahaan yang tergesa-gesa dalam merilis produk. Apple bahkan rela menghabiskan waktu bertahun-tahun demi menghasilkan tampilan desain produk yang cantik sekaligus berbeda dari produk lain.

Di sisi lain, desain PC Windows sangat bergantung dari perusahaan pembuatnya yang dalam hal ini bukanlah Microsoft. Sebut saja produsen seperti Dell, Acer ataupun Samsung memiliki ciri desain berbeda namun tetaplah tidak semenarik desain apik yang ditawarkan komputer Mac.

2. Mac (umumnya) lebih mahal
Jika dibuat rata-rata, komputer Apple Mac dijual lebih mahal dari PC. Meskipun Windows juga tersedia dalam versi komputer high-end yang harganya semahal MacBook Air (misalnya) namun tidak ada Mac yang semurah PC. Bahkan, sobat sewa_laptop bisa mendapatkan laptop windows seharga Rp 2 jutaan. Tidak dengan Mac.

3. Windows PC cocok untuk penggila games
Komputer Windows terkenal dengan kemudahan kustomisasi yang ditawarkan. sobat sewa_laptop bisa dengan mudah upgrade RAM ataupun menambah storage, tanpa harus datang ke service center. Karenanya para gamers yang butuh RAM besar ataupun graphic card tangguh untuk kebutuhan nge-game, PC Windows adalah pilihan paling tepat.  Mac secara umum tidak diperuntukkan bagi gamers, kecuali jika bersedia menambah dana besar.

4. Pengguna Mac mendapatkan layanan konsumen yang lebih baik
Saat Mac rusak, sobat sewa_laptop bisa membawanya ke Apple Store terdekat dan ahlinya akan membantu sobat sewa_laptop. Jika masalah sobat sewa_laptop bisa terselesaikan dalam sekali waktu maka secara umum sobat sewa_laptop tidak akan dimintai biaya reparasi.

Microsoft juga memiliki sejumlah toko ritel namun belum sebanyak Apple. Ketika laptop Windows sobat sewa_laptop bermasalah maka yang harus sobat sewa_laptop lakukan adalah menghubungi service center dari produsen laptop tersebut. Tidak ada opsi spesialis di retail store seperti yang ditawarkan Apple.

5. Mac lebih aman terhadap serangan malware dan virus
Perusahaan security AVG mengungkap bahwa jumlah komputer Apple jauh lebih sedikit dibanding komputer Windwos yang ada di tangan user. Karena itulah Mac cenderung lebih aman. Namun hal ini tidak akan berlangsung lama karena tahun demi tahun semakin banyak malware yang menargetkan Mac.

Di OS X Yosemite, Apple juga telah menambahkan fitur enkripsi dan security untuk menjadikan Mac lebih aman. Artinya, tingkat keamanan Mac tidak sebaik tahun-tahun sebelumnya sehingga memaksa Apple memberikan perlindungan tambahan.

6. OS X dan Windows OS sangat berbeda
Windows 8.1 dan OS X Yosemite yang sama-sama versi OS desktop terbaru tahun ini memiliki tampilan berbeda satu sama lain. Secara default, Windows memiliki desain tiles yang memungkinkan sobat sewa_laptop mencari berita, foto, contacts, ataupun browsing Windows Store, dll. sobat sewa_laptop bisa menampilkan aplikasi dengan cara scrolling ke kiri/kanan, atau swipe ke atas/bawah.

Apple mendesain OS X dengan tampilan lebih bersih, tidak 'sepenuh' tampilan Windows. sobat sewa_laptop cukup dihadapkan pada sebuah desktop, dock untuk mengakses berbagai aplikasi favorit dan sebuah taskbar yang ditempatkan di sepanjang screen bagian atas.

7. PC punya lebih banyak pilihan hardware
Ada banyak produsen PC. Microsoft cukup membuat software sementara pihak lain akan menggarap hardware-nya, seperti HP, Acer, Lenovo, dll. Artinya, sobat sewa_laptop memiliki lebih banyak opsi untuk membeli PC sesuai kebutuhan serta budget sobat sewa_laptop.

Di sisi lain Apple adalah pembuat software OS X sekaligus hardware Mac. Tidak banyak opsi Mac yang bisa sobat sewa_laptop pilih kecuali opsi yang ditawarkan Apple. Bagi pengguna tingkat mahir, mereka bisa menciptakan komputer 'Hackintosh'alias PC yang menjalankan OS Apple.

8. Komputer Windows dilengkapi touchscreen
Tekonologi smartphone telah merambah ke PC. Dalam hal ini semakin banyak saja produsen PC yang menyertakan fitur touchscreen di PC Windows buatan mereka, terutama sejak rilis Windows 8.0 yang mendukung penggunaan touchscreen. Opsi tersebut saat ini belum tersedia di Mac.

9. Windows juga untuk tablet
Jika OS X sejauh ini hanya dipakai di laptop, desktop dan komputer all-in-one maka lain halnya dengan Windows OS. Windows 8.1 bahkan telah tersedia untuk berbagai ukuran devices, mulai dari all-in-one PC hingga laptop ataupun tablet 8 inci.

10. Beda keyboard shorcuts
Jika sobat sewa_laptop ingin meninggalkan Mac untuk beralih ke Windows PC, atau sebaliknya, bersiap-siaplah membiasakan diri dengan shortcut baru. Itu karena kedua platform tersebut memiliki keyboard shortcut berbeda, bahkan untuk mengambil screenshot-pun dibutuhkan cara berbeda.

Di Windows 8.1, sobat sewa_laptop bisa memencet tombol Windows + tombol prinscreen untuk mengambil screnshot. Di Mac, sobat sewa_laptop perlu pencet + tahan tombol Command, Shift dan 4 tombol lainnya.

Jika tidak bisa memilih antara dua platform di atas, sobat sewa_laptop bisa membuat alternatif lain. Dalam hal ini sobat sewa_laptop bisa menjajal komputer Mac yang menjalankan Windows baik melalui sebuah virtual machine ataupun langsung di dalam sistem. Setiap Mac dilengkapi program bawaan yang disebut sebagai Boot Camp. Dengan fitur tersebut sobat sewa_laptop bisa install Windows di dalam Mac. Bahkan jika sobat sewa_laptop ingin, sobat sewa_laptop bisa membagi space hard drive masing-masing untuk Windows dan Mac OS X. Dengan demikian sobat sewa_laptop punya dua OS dalam satu komputer. SUMBER

Sekedar hiburan berikut iklan lucu tentang OS.

0 comments:

Post a Comment